Saturday 13 April 2013

Book Review : Tragedi Kartini sebuah pertarungan ideologi



Judul Buku : Tragedi Kartini sebuah pertarungan ideologi

Penulis : Asma Karimah

Ada yang tau hari special apa di bulan April?? Heuuum,, ada hari apa ya?? Sebegitu specialkah bulan April?? Emmmm (mikir panjang), apa ya?? Owh ternyata di bulan April ini warga Indonesia punya hari special yakni Hari Kartini yang tepat jatuh pada tanggal 21 April. Nah di Hari Kartini biasanya anak-anak SD (sekolah dasar) merayakan Hari Kartini dengan mengadakan fashion show ala Kartini. Dan terkadang juga banyak perempuan Indonesia yang mengartikan Hari Kartini ini sebagai Emansipasi Wanita.

Sebelumnya nih, sobat-sobat khususnya perempuan udah pada tau kan sejarah Kartini itu seperti apa? Apa itu arti sebenarnya emansipasi wanita?? Cuung siapa yang udah tau?? Waaah ternyata masih banyak juga ya yang belum tau kehidupan Kartini dulu bagaimana, maksud dari emansipasi yang Kartini sampaikan itu gimana, sahabat pena Kartini yang di luar negri sana siapa aja..

Naah, bagi kamu-kamu yang cinta sama Ibu Kartini dan mengagumi sosok Kartini seharusnya tau bagaimana seluk beluk kehidupan Kartini, Kartini yang selalu ingin tahu pengetahuan, Kartini yang cerdas, Kartini Kartini Kartini. Jangan takut sobat, untuk mengetahui sejarah kehidupan Kartini kita tidak perlu membaca buku biografi yang sangat tebal itu, kita cukup membaca “Tragedi Kartini Sebuah Pertarungan Ideologi” di dalam buku diceritakan biografi singkat siapa itu Kartini, keturunan siapakah beliau ini. Hal ini haru skita ketahui juga karena dalam pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” bagaimana mungkin kita sayang sama Kartini kalau kita tidak tau siapa itu Kartini dan sejarah kehidupannya di masa lalu.

Buku “Tragedi Kartini Sebuah Pertarungan Ideologi” sangatlah praktis untuk di baca karena buku ini simple untuk dibawa kemana-mana (ukuran buku saku), bahasa di dalam buku ini juga mudah untuk difahami,dan buku ini juga cukup komplit karena di dalamnya kita bisa tau seperti apa karakter Kartini, seluk beluk kehidupan Kartini, cita-cita Kartini, surat-surat Kartini, dan maksud Kartini tentang Emansipasi. Okey, penasaran kan dengan sosok Pahlawan kita yang satu ini. Jangan sampai cupu ya, karena ga tau Kartini..hehe.. tunggu apalagi segera baca buku “Tragedi Kartini Sebuah Pertarungan Ideologi”

(SyahidahAsmaAmanina)

0 comments: