Saturday 7 September 2013

‘Aisyah “Perempuan yang Cerdas”

Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok shohabiyah yang satu ini? Yups, Siti ‘Aisyah putri dari Abu Bakar yang dinikahi oleh Rasulullah pada saat usianya masih belia yakni 9 tahun.
Dalam pernikahan Nabi dengan ‘Aisyah ini terdapat banyak hikmah. Kita ketahui bahwa ‘Aisyah adalah sosok gadis yang sangat cerdas. Dan Nabi SAW adalah seorang yang membawa syariat yang mengatur seluruh aktivitas kehidupan manusia, rumah tangga, di jalanan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aktivitas kerja. Nah, beranjak dari sinilah, sosok yang sangat cerdas dan brilian dalam meriwayatkan ajaran-ajaran Islam dibutuhkan. Dan ‘Aisyahlah sosok itu.
“Aisyah adalah sebaik-baik orang yang bisa meriwatkan ajaran-ajaran Islam ini kepada umat manusia. Ia telah meriwatkan lebih dari 2000 hadits, karena itu ‘Aisyah merupakan salah seorang yang penting dan paling mendalam ilmunya”
‘Aisyah shohabiyah yang sangat cerdas, dia tidak hanya meriwayatkan hadits tetapi dia juga begitu piawai dalam dunia kesehatan (kedokteran), dan dia pun sangat menyukai hal-hal yang berhubungan Ilmu Pengetahuan (pendidikan).
Sebagai seorang perempuan yang hidup di massa kini kita patut mencontoh istri Nabi yang satu ini, apalagi sekarang dunia semakin modern, semakin maju, teknologi semakin canggih maka perempuan pun harus bisa ikut andil perkembangan kekinian.

Perempuan itu justru harus punya pendidikan yang tinggi, karena perempuan (Ibu) adalah madrasah (sekolah) pertama bagi anak-anaknya. Ibu yang Cerdas maka anak negri pun akan Cerdas. So, jangan sepelekan pendidikan karena pada hakikatnya manusia dilahirkan itu untuk terus mencari ilmu dan belajar sampai maut menjemput. Wallhu ‘alam. (amanina)

0 comments: