Saturday 7 September 2013

Ki Hajar Dewantara


Hai sobat-sobat pena,tak terasa bulan kelima di tahun 2013 ini telah menyapa kita. Gimana nih kabarnya di bulan mei ini ? pastinya cetar selalu yah hehe
Bicara bulan mei ada moment apa sih di bulan ini? Kita ambil tanggal awal yah ,,tanggal 2 Mei ada yang ingat peringatan apa? Yah hari pendidikan nasional. Semua manusia mau itu para professor,intelek,pengusaha,sampai pada pedagangpun pasti tahu tentang pendidikan. Sesuatu yang sudah sangat lazim di negeri ini. Indonesia pun punya sejarah pendidikan di masa lampau yang di prakarsai oleh seorang pahlawan yang tangguh. Siapakah tokoh tersebut ? yah Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara adalah tokoh dan pelopor pendidikan yang telah mendirikan sekolah Taman Siswa pada tahun 1922. Semboyan "Tut wuri handayani", atau aslinya: ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Arti dari semboyan ini adalah: tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik).
Menurut ki Hajar Dewantara pendidikan merupakan hal yang penting untuk memerdekakan manusia dari kebodohan. Tidak hanya itu beliau juga memandang sebuah pendidikan juga harus bersinergis dengan aspek batiniah,seperti moral,martabat ,norma, religi, Aspek soaial kemasyarakatan, keluhuran, kebajikan dan lain-lain.
Pahlawan yang satu ini berhasil membuat sejarah tentang pendidikan dan mencerdaskan bangsa Indonesia. Mencetak peserta didik yang cerdas dan pendidik yang profesional.
Dan itulah sekilas potret pendidikan di Indonesia sampai masa kini yang tak bisa lepas dari sejarahnya itu sendiri. Dengan tujuan mencetak generasi-generasi yang ulung dalam bidangnya dan bermoral yang baik.
Oke,, kita lihat dunia luar yah gimana sih system pendidikan mereka? Ada yang menarik nih ,,katanya eh katanya Negara Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Wahhh..emang gimana sistemnya ? jadi penasaran deh hehe
Menurut info yang di dapatkan ,,di Negara Finlandia itu pertama tidak ada kurikulum yang di tetapkan oleh pemerintah. sekolah diberikan kebebasan mengembangkan kurikulum sendiri sesuai dengan potensi unggul daerahnya masing-masing . contoh di Indonesia sekolah itu di terletak di Bali mungkin yg lebih di utamakan adalah kurikulum pengembangan Budaya, Seni Tari, Ukir, Pahat dan sejnisnya. Pastinya akan banyak para ahli lokal yg pandai memanfaatkan potensi daerahnya. Kedua tidak ada Akreditasi (Pemeringkatan) sekolah oleh pemerintah, yg ada akreditasi oleh Masyarakat; Jadi masyarakat melihat langsung apakah anak mereka yg didik di sekolah tersebut menjadi semakin baik, beretika dan cerdas atau malah sebaliknya. Jadi sekolah tidak dinilai oleh satu pihak saja, melainkan langsung oleh usernya yakni masyarakat. Jadi sekolah berusaha untuk menjadi yg terbaik dengan memberikan bukti langsung kepada masyarakat yg menilainya. Fungsi pemerintah lebih sebagai konselor atau Konsultan Pembimbing bagi sekolah dan mengembangkan sistem sekolahnya bukan Lembaga Akreditasi. Mencatat sekolah2 yg dianggap berhasil oleh masyarakat dan membantu sekolah-sekolah yg belum dianggap berhasil. Ketiga Tidak ada standar ujian negara, melain berbasiskan pada proses hasil pembelajaran dari hari ke hari dari masing-masing anak, tanpa dibandingkan melalui sistem Rangking. Jadi tujuan pembelajaran adalah untuk menjadikan anak yg terbaik sesuai bidang yg diminati dan kemampuannya sendiri-sendiri bukan untuk mengejar peringkat dalam satu kelas atau satu sekolah. karena prinsip pendidikan adalah mencerdaskan semua anak bukan untuk Merangking mereka dari yg terpintar hingga yg terbodoh. Keempat adalah tidak ada standar Nasional kecukupan minimal untuk nilai masing-masing pelajaran (karena tiap anak memiliki kecepatan belajar yg berbeda-beda dan kemampuan berbeda untuk bidang pelajaran yg berbeda).
Itulah sekilas potret sistem pendidikan di Negara Finlandia. Sehingga membentuk didikan yang ber- standar etika moral nasional sebagai Pondasi Dasar membantuk Bangsa Yang Kuat dan Cerdas.
Sepertinya tidak terlalu sulit yah untuk mencontoh dan menjadi Negara berpendidikan terbaik di dunia ,,jika kita mau kita pasti bisa. Dan mudah-mudahan Indonesia untuk kedepan bisa lebih baik dalam bidang pendidikannya. Indonesia pasti bisa karena ia mempunyai para agen perubah bangsa, yaitu kita  caranya? Dengan memperingati hari pendidikan nasional ini maka Jadilah Ki Hajar Dewantara masa kini 

0 comments: