Tuesday 12 March 2013

7 Tips, Menulis Jadi Gampang


Menjadi penulis yang baik, tentunya mengharuskan kita untuk berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin. Kalian bisa menulis dimana saja, di blog pribadi, mengirim artikel ke media massa, atau bahakan dengan hanya membuat catatan harian. Yang penting hal tersebut dilakukan secara konsisten.

Ini adalah 7 tips penting saat menuilis jadi gampang :
  1. Menulislah dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Bisa kalian dapatkan dengan rutinitas menulis. Setiap kata yang kalian tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.
  2. Saat menulis jangan melakukannya sambil mengedit, agar apa yang kalian pikirkan dapat tertuang secara continue.
  3. Lakukan pembagian paragraf, dalam mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan kalian tuangkan. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan kalian.
  4. Menulislah dengan spesifik berdasarkan judul yang kalian buat layaknya diskusi.
  5. Menulislah dengan yang komunikatif dengan pembaca. Usahakan tulisan tidak sekedar text book yang hanya berisi bacaan satu arah. Buatlah tulisan seakan-akan kalian sedang berhadapan dengan pembaca.
  6. Menulislah dengan informasi utama yang jelas. Hal itu membuat tulisan kalian lebih dapat dipercaya. Lengkapi keterangan waktu, tempat , dan keterangan lainnya yang dianggap perlu.
  7. Tunjukan integritas kalian dengan menulis yang jujur, menulis yang jujur akan membuat tulisan kalian jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan kalian. (MR)

0 comments: