Tuesday 19 March 2013

Merajut Ukhuwah di Tanah Kujang




Bogor, 15 - 17 Februari 2013- Mengiringi dimulainya aktifitas belajar di sekolah dan kampus, Forum Komunikasi Dakwah Fakultas Peternakan Unpad DKM An-Nahl bersama SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa menjalin kerja sama dalam program kegiatan Family gathering & An-Nahl goes to school. Program acara ini juga di hadiri langsung oleh Bapak Dr.H.Rahmat Hidayat, S.Pt,M.Si  pembantu dekan III yang juga menjabat sebagai ketua umum DKM An-Nahl Fakultas peternakan Unpad.
Kegiatan Family Gathering diadakan untuk internal pengurus dan alumni DKM An-Nahl Fakultas Peternakan Unpad yang didalamnya terdapat rangkaian acara upgrading pengurus DKM An-Nahl untuk satu periode pungurusan kedepan. Kegiatan yang dilaksanakan diharapkan mampu menciptakan program-program kegiatan yang terarah, proporsional, dan maksimal. Untuk menunjang sebuah organisasi dakwah kampus yang mandiri secara finansial, pengurus dibekali materi tentang fundraising yang disampaikan oleh Ust. Hakam Elfarizi (Marketing dan Komunikasi SMART EI). Tambahan pengetahuan tentang zakat juga diberikan oleh Ust. Wildan dari Dompet Dhuafa.
Program yang motori oleh DKM An-Nahl ini merupakan upaya untuk memberikan gambaran seputar dunia kampus dalam tataran akademik maupun kemahasiswaan kepada calon alumni SMART EI angkatan V.
Pengenalan secara akademik berorientasi pada sistem dan tips kuliah yang baik juga berprestasi. Sedangkan pengenalan kegiatan kemahasiswaan berorientasi pada aktivitas-aktivitas di lembaga organisasi yang menunjang saat di kampus yang bersifat positif seperti lembaga eksekutif (BEM), Legislatif (BPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Materi yang langsung diberikan oleh Mustarakh Gelfi alumni SMART EI angkatan II dan berkampus di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini sangat baik untuk diberikan mengingat dunia kampus yang sangat bebas dan heterogen. Pengenalan kegiatan positif juga dilakukan sebagai bagian dari upaya selektif memilih organisasi untuk menunjang para calon alumni angkatan V yang berjumlah 35 orang tersebut.
Tidak hanya itu, pembekalan materi survival mahasiswa juga diberikan untuk menunjang para calon alumni dapat bersosialisasi ketika berhadapan langsung dalam lingkungan masyarakat umum dan khususnya kampus. Materi survival mahasiswa diberikan agar calon alumni dapat lebih mandiri dalam hal finansial. Materi yang dibawakan oleh Marlis Nawawi, seorang mahasiswa penerima beasiswa fast track Fakultas Peternakan Unpad dan selama kuliahnya juga beberapa kali menggeluti profesi sebagai wirausaha di kampus telah menarik perhatian para calon alumni SMART EI angkatan V. Di akhir kegiatan, seluruh pengurus dan alumni DKM An-Nahl serta calon alumni melakukan kegiatan out bound dan foto bersama.Nuryanto

0 comments: