Tuesday 12 March 2013

Kenapa Harus Thalabul ’ilmi ?

Assalamu’alaikum
Bismilahirrahmmanirrahim

Izinkanlah saya belajar menulis dalam kertas ini
Hanya sekedar ingin berbagi kepada kalian semua
Jika menurut kalian baik, maka ambilah.
dan jika menurut kalian buruk, maka tinggalkanlah
Saudaraku seiman..
Mungkin perkara ini sudah sering kalian temukan dalam berbagai media ataupun ceramah dari banyak ustadz. Namun, takkan hentinya kita saling mengingatkan tentang pentingnya seseorang menuntut ilmu, mengapa? Karena hal ini hukumnya wajib, datang langsung perintahnya dari Allah SWT dan Rasulullah Saw.
Apa sih pengertian ilmu itu sendiri ? kita kenalan dikit yukk..
Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggris biasa, kita kenal dengan science berarti pengetahuan. Mari kita perhatikan perintah-perintah-Nya untuk menuntut ilmu.
Firman Allah dalam Alquran yang artinya :
“Dan katakanlah, Ya Tuhanku tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”(QS.Thoha:114)
“Sesungguhnya yang takut diantara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama.” (QS. Faatir : 28)
Allah sayang kepada kita kawan, Allah tidak membiarkan kita berada dalam kegelapan tanpa ilmu yang akan menerangi hidup kita. Bahkan, Allah memberikan predikat yang istimewa terhadap orang-orang yang berilmu. Selain ilmu, kita juga jangan melupakan iman. Ilmu tanpa iman itu ‘bagai taman tak berbunga’ dan iman tanpa ilmu itu bagai ‘sayur tanpa garam’ kurang enak, kurang lezaaatt…. ^_^
Mari kita perhatikan Firman Allah berikut
Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya:
“Allah meninggikan baeberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang berirman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmu pengetahuan) dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
Selain beriman dalam ayat di atas Allah juga memerintahkan kepada setiap orang untuk menuntut ilmu. Saya berani memberikan ‘ucapan’ hebat atau keren pada orang yang beriman dan berilmu, itu ucapan dari seorang manusia, apalagi predikat dari Allah, pasti lebih tinggi.
Rasulullah SAW pun memerintahkan dalam beberapa haditsnya. Kita tengok ya…
Dari Sahl bin Sa’ad ra bahwasanya Nabi SAW bersabda :
“Dan Allah, jika Allah memberi petunjuk kepada seseorang dengan perantaraan ilmu, itu lebih baik daripada unta merah. (hak milik orang yang paling berharga).” (HR. Bukhari dan Muslim)
Telah bersabda Rasulullah SAW “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim” (HR. Ibnu Majah, Baihaqi, dll)
Di sini tegas sekali perintah menuntut ilmu dari Rosul,namun bukan ilmu dunia saja, ilmu dien (agama) juga wajib kita miliki. Seperti ilmu akidah,tauhid,dll. Bahkan ini lebih penting dari ilmu dunia. Karena ilmu agama itu untuk bekal kita menuju akhirat. Maka janganlah lelah untuk mencari dan terus mencari ilmu. Bahkan ada pepatah mengatakan carilah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina atau hadist Rosul yang berbunyi carilah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. Nah mau ke liang lahat duluan apa mau cari ilmu dari sekarang ?
Apalagi jika kita perhatikan perintah ini. Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasullah SAW bersabda : “Barang siapa yang menempuh perjalanan dengan tujuan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya.”
Subhanallah, Maha Suci Allah.. bahkan Allah memudahkan jalan ke surga bagi orang-orang yang mau menuntut ilmu. Siapa sih yang gak mau masuk surga ? pasti semua orang menginginkannya. Maka ilmu adalah salah satu jembatannya. Allah telah mempermudah , maka janganlah kita mempersulitnya. Ilmu itu bagaikan cahaya dalam kegelapan kawan. Apakah engkau tak mau mempunyai sebuah cahaya terang benderang ?. Bagai Sahabat yang tak pernah lepas. Siapa yang tak bahagia jika mendapat sahabat setia ?. Bagai harta yang berharga, bukankah setiap orang menginginkn harta dalam hidupnya ?
Bagai angin yang menyejukan jiwa,bagai tongkat untuk kita bisa berdiri di dunia ini, bak air yang bisa mengobati dahaga, laksana obat hati yang mujarab, loh ko pake bicara hati ya ? he..he..
Jatuh cinta itu timbul dari dalam hati (katanya) , maka jika kita telah jatuh cinta pada ilmu,rasanya sangat meneduhkan . Insya Allah.. Nah, jika kalian mempunyai ilmu jangan lupa untuk diamalkan. Karena mengamalkan ilmu wajib hukumnya.
Dalam ayat lain, Allah juga berfirman:
وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُوا مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا
“Dan sesungguhnya kalau mereka mengamalkan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka)”(An-Nisaa: 66)
Faedah yang dapat di ambil dari ayat tersebut adalah kebaikan dalam mengamalkan ilmu berbanding lurus dengan mencarinya sebagai sebuah kewajiban. Dengan kata lain, ilmu bukan hanya sekedar menyimpannya di museum memori kita, namun tercermin dalam amal atau perbuatan kita, baik amalan hati, lisan maupun perbuatan.
So jangan malas-malasan lagi buat menuntut ilmu yaaa,. Mari kita taklukan dunia dengan ilmu.

0 comments: