Tuesday 12 March 2013

Perlakuan Islam Terhadap Wanita

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh , ukhtyfillah yang dirahmati Allah apa kabar nya? Alhamdulillah kan? Para ukhtyfillah, tahukah kalian bahwasanya agama kita Islam sangat memuliakan seorang wanita. Bagaimana tidak, Wanita diciptakan oleh Allah dari tulang rusuk sebelah kiri, didekat hati agar ia dicintai dan terletak didekat tangan, sejatinya agar ia di lindungi. Dan bukanlah dari tulang ubun-ubun, karena sejatinya agar ia tidak menjadi tinggi hati, dia juga tidak diciptakan dari tulang tumit kaki, agar tidak di injak-injak harga dirinya. Kata-kata itulah yang mencirikan bahwasanya seorang wanita itu patut untuk dilindungi.
Berkebalikan dengan keadaan di sekitar kita yang sudah terpengaruh oleh budaya-budaya barat ,dan atas stigma negatifnya yang di tujukan kepada islam ,bahwa menurutnya Islam itu tidak menghargai seorang wanita, memagari kebebasannya serta tidak adil dan menempatkannya di tempat kedua dan tidak mengindahkan ada nya kesetaraan gender ,padahal itu semua salah besar. Paham-paham yang mengatakan bahwasanya kesetaraan gender itu perlu malah hanya mampu menghancurkan harga diri wanita tersebut, malah menjadikan wanita itu rendah dan malah membuat wanita sebagai bagian untuk dianiaya, padahal Islam benar-benar sangat menjaga nilai-nilai harga diri seorang wanita.
Islam sangat menjaga kaum wanita dari segala hal yang dapat menodai kehormatannya, menjatuhkan wibawa dan merendahkan martabatnya. Bagai mutiara yang mahal harganya, Islam menempatkannya sebagai makhluk yang mulia yang harus dijaga. Atas dasar inilah kemudian sejumlah aturan ditetapkan oleh Allah Swt. Dan agar berikutnya, kaum wanita dapat menjalankan peran strategisnya sebagai pendidik umat generasi mendatang.
Agama Islam sangat memperhatikan kebaikan urusan wanita. Karena seorang wanita merupakan pendidik utama generasi muda dan agar wanita tidak mudah terpengaruh oleh setan. Islam mengatur segala macam aturan mengenai wanita. Ada yang mengatakan bahwa Islam terlalu banyak mengatur dan membatasi gerak seorang wanita, padahal itu semua dilakukan untuk kebaikannya, dan untuk mengangkat derajat kaum wanita.
Diantara aturan yang khusus untuk kaum wanita adalah menutup aurat. Aturan ini lah yang bisa menyelamatkan kaum wanita dari mata khianat kaum lelaki dan agar wanita tersebut terhindar dari fitnah. Adapun ayat yang menjelaskan tentang menutup aurat :
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzâb [33]: 59)
Tidak hanya itu ,wanita pun diperintahkan untuk tidak bercampur baur dengan laki-laki yang bukan muhrim nya dengan tujuan untuk menjaga kehormatan nya didepan kaum laki-laki, menjaga pandangan dan tidak merendahkan suara dan lain-lain.
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al Ahzâb [33]: 33)
Semua aturan yang Allah berikan untuk kaum wanita merupakan bukti kasih sayang dari-Nya. Tidak mungkin Allah tetapkan sebuah aturan yang tidak ada guna nya sama sekali, dan aturan inilah yang akan menjadi benteng untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang muncul akibat adanya kesalahan pergaulan antara wanita dan laki-laki. Dengan maraknya perzinahan serta pelecehan seksual ini lah yang merupakan sumber ketidak tahuan serta kelalaian para wanita akan hukum-hukum Allah. Semoga isinya tersampaikan dengan baik dan bermanfaat yaa, ^^. (GNM)
Sebelum menutup tulisan ini ,ada beberapa kata dibawah ini, silahkan dibaca! Terimakasih ^_^

Wanita

Wanita, auratmu menjadi bisa setan yang membunuh dan membabi buta
Menenggalamkan iman serta menjadikannya lemah.
Wanita, ada banyak keindahan yang terpancarkan darimu tapi kenapa keindahan itu kau salah arti kan.
Kau sebarkan melalui celah-celah lubang nafsu sesaat yang menyesatkan.
Kau buai semuanya dan menjadikan nya nikmat.
Kau menjadi alat setan untuk merusak pikiran kaum laki-laki.
Keberadaanmu sekarang wanita, telah menurunkan harga dirimu,
Betapa kau tunjukkan auratmu itu untuk seseorang yang belum halal bagimu.
Wanita, kau memang cantik.
Tetapi kecantikanmu bukan untuk di obral, bukan untuk dibuka sembarangan.
Wanita, kau juga indah.
Indahmu itu untuk pria halal yaitu suamimu bukan untuk laki-laki lain.
Wanita, padahal Allah telah berikan berbagai aturan untukmu ,
bukan bermaksud untuk menjadikan mu manusia kelas dua setelah laki-laki , bukan untuk mengekangmu juga bukan untuk membatasi gerak mu.
Tetapi semua itu adalah sebuah bukti perlindungan serta kasih sayang dari-Nya.
Ingatlah wanita, wanita sholehah adalah wanita yang dihormati, yang dicintai bukan oleh manusia saja , tetapi Allah pun ikut mencintaimu.
By: Gina Nafsil Mutmainah

0 comments: