Friday 12 April 2013

Mutiara Hadist



Ahli neraka yang paling ringan siksanya
An-Nu’man bin Basyir r.a. berkata: Aku telah mendengar Nabi SAW. bersabda: Sesungguhnya seringan-ringan siksa ahli neraka di hari kiamat, ialah orang yang di bawah telapak kakinya diletakkan bara api yang dapat mendidihkan otaknya. (Bukhari, Muslim).

Ibnu Abbas r.a. berkata: Nabi saw. dari apa yang diriwayatkan dari Allah azza wa jalla, bersabda:  Sesungguhnya Allah menetapkan kebaikan dan keburukan kemudian menjelaskan keduanya, maka siapa yang niat akan berbuat kebaikan (kebaikan) lalu tidak dikerjakannya dicatat untuknya satu kebaikan, dan bila dikerjakannya dicatat oleh Allah sepuluh kebaikan, dapat bertambah hingga tujuh ratus kali, dan dapat berlipat lebih dari itu.  Sebaliknya, jika niat akan berbuat keburukan (dosa) lalu tidak dikerjakan, dicatat untuknya satu kebaikan yang cukup (sempurna), dan bila niat lalu dilaksanakan maka dicatat satu dosa.  (Bukhari, Muslim).

Abu Hurairah r.a. berkata:  Nabi saw. bersabda:  Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku, apa-apa yang masih tergerak dalam hati selama belum dibicarakan atau dilaksanakan (dikerjakan). (Bukhari, Muslim)

 

Pintu Surga Yang Khusus Untuk Orang Yang Berpuasa

Dari Sahal bin Sa’id berkata:
“Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya disurga ada sebuah pintu yang dinamakan Royyan (Kepuasan) Orang-orang yang berpuasa masuk dari situ dihari kiamat. Tidak boleh seorangpun (masuk) selain mereka. Dipanggilkan: “Mana orang-orang yang berpuasa?” Lalu mereka masuk dari pintu itu. Setelah orang yang terakhir masuk kedalamnya, pintu itu dikunci (ditutup), maka tidak ada seorangpun yang bisa masuk lagi dari pintu tersebut.”

0 comments: